Menurut Boone dan Kurzt (2005) eMarketing adalah
MANFAAT PEMASARAN ONLINE
a. Melakukan perubahan dengan cepat.
Kita dapat langsung memperbaiki atau mengubah baik grafis maupun kata-kata ketika terjadi kesalahan pemasangan iklan atau segala kegiatan pemasaran yang tidak bekerja dengan baik, dan melakukan itu semua dengan cepat dan tanpa ada masalah.
b. Menentukan sasaran demografis tertentu.
Pemasaran online memungkinkan untuk menargetkan demografis tertentu seperti halnya jenis kelamin, usia, dan lokasi. Kita bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
c. Banyak media pilihan.
Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan pemasaran online, dapat menggunakan suara, video, blogging, su, media sosial dan newsletter yang sedang berlangsung.
Keuntungan pemasaran online
a. Organisasi lebihmudah dan sederhana. Kita tidak perlu memajang barang secara fisik, cukup menyediakan katalog atau daftar barang serta deskripsi singkat mengenai masingmasing barang tersebut. Kita juga tidak perlu memiliki banyak karyawan penjual, kita hanya perlu karyawan yang menangai pemesanan secara online dan karyawan yang menangani pengiriman barang.
b. Kemudahan mengelola barang. JIka kita menjual barang secara online dengan menggunakan website sendiri, sistem manajemen website menyediakan sistem pengelolaan barang dan pergudangan. Kita dapat dengan mudah melihat stok barang. Kita juga dapat menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini akan mempermudahkita mengelola barang dagangan.
c. Pelayanan lebihfokus. Kita tidak perlu khawatir bahwa banyak pelanggan yang tidak terlayani. Sistem komputer akan menampung semua pesanan. Kita hanya perlu melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian.
d. Riset pasarlebihmudah. Berjualan melalui website membantu kita melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati misalnya dengan melihat kata kunci yang mereka cari di-website Anda. Hal ini akan membantu Anda merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.
e. Biaya pemasaran murah. Biaya pemasaran di internet relatif sangat murah. Pemasaran dapat dilakukan dengan memajang produk di website sendiri atau di website pihak lain melalui agen pemasaran online. Kita bahkan dapat memanfaatkan website atau blog secaragratis di website-website tertentu.
f. Kemudahan memilih target pasar. Kita dapat memawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum atau media sosial. Kita juga dapat memasang iklan secara gratis atau berbayar dengan kata kunci tertentu. Hal ini membantu kita memilih target pasar yang potensial.
g. Tidak terbatas ruangdan waktu. Internet tersedia untuk diakses setiap saat. Pelanggan dapat mengunjungi website tempat kita memasarkan produk Anda kapanpun dan dimanapun selama mereka mendapatkan akses internet.
KOMPONEN PEMASARAN ONLINE
A. CONTENT MARKETING
Konten merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (ecommerce), dan blog. Bentuk dari konten dapat berupa artikel, blog, how-to, e-book, presentasi, video, dan audio.
B. EMAIL MARKETING
Email Marketing memilki fungsi untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien atau prospek bisnis Anda, sehingga anda tetap terlintas dipikiran mereka, saat mereka membutuhkan sesuatu
C. SEARCH ENGINE MARKETING
Mesin pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu. Google menjadi rujukan pencarian di internet, mencari perusahaan, produk, brand, atau kata-kata.
D. ONLINE PUBLIC MARKETING
E-PR (Electronic Public Relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi. Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Strategi online PR adalah membidik website berita dan komunitas online yang berorientasi khusus
E. WEBSITE
Website merupakan media promosi yang paling popular. Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink.
CARA KERJA PEMASARAN ONLINE
Cara Kerja Pemasaran Online

1. Awareness (Kesadaran) Pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu dimedia online.
2. Interest (Ketertarikan) Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Konsumen akanmencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (misalnya : Google atau Yahoo! dan jejaring sosial seperti: Facebook, dan Twitter).
3. Desire (Keinginan) Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa, dengan mencariketerangan lengkap tentang produk atau jasa tersebut melaluiwebsite.
4. Action (Tindakan) Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
0 komentar:
Posting Komentar